Beranda

Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh Selamat Datang Di Blog Seuntai Kenangan

22 Oktober 2008

Empat Kecerdasan yang Sebaiknya Dimiliki Seseorang

“Orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema'afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui.” (QS. Ali Imron 134-135)

Beberapa tanda-tanda orang yang bertaqwa dalam surat Ali Imron ayat 134 dan 135 adalah:

Pertama Menafkahkan hartanya baik di waktu lapang maupun sempit.
Orang yang mampu melakukan hal ini berati mempunyai kecerdasan finansial, ia mampu mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya tapi ia tidak terlena dengan harta tersebut karena ia juga mampu memanfaatkan dan menyalurkan hartanya di jalan Allah. Ia mampu berbagi dengan sesama yang membutuhkan. Inilah indikator orang yang cerdas secara Finansial.

Kedua Orang-orang yang menahan Amarahnya.
Rasululah bersabda “Orang yang kuat bukanlah orang yang menang dalam bergulat, tetapi orang yang kuat adalah orang yang mampu menahan Amarahnya”.
Dengan amarah yang tak terkendali dapat menyebabkan penyesalan yang tak terhingga, Sesuatu yang telah kita bangun bertahun-tahun misalnya karena dengan kemarahan bias hancur dalam hitungan jam atau bahkan menit dan detik. Kerukunan dalam rumah tangga yang di bangun seseorang yang telah di jaga belasan atau bahkan puluhan tahun bisa berantakan karena kemarahan yang tak terkendali. Dan tentu banyak lagi contoh dalam kehidupan dunia ini. Inilah indicator orang yang cerdas secara Emosional.

Ketiga Memaafkan kesalahan Orang lain.
Meminta maaf atas kesalahan yang kita lakukan itu mudah, tetapi tidak lah semudah untuk memaafkan kesalahan orang lain yang telah berbuat zhalim kepada diri kita.
Hanya orang-orang yang berjiwa besar dan pemaaf lah yang mampu melakukan hal ini. Hanya orang yang mempunyai kecerdasan sosial-lah yang mampu melakukan hal itu.

Keempat orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka.
Ini adalah penentu seseorang akan mendapatkan bantuan dan naungan serta kasih sayang Allah. Karena dengan memiliki kecerdasan spiritual seseorang hamba akan selalu berkomunikasi dengan sang pencipta, mengadukan berbagi permasalahan yang ia hadapi, memohon petunjuknya, memohon bantuannya, memohon perlindungannya dan mengadukan berbagai problematika kehidupan yang ia hadapi selama ini.

Sebulan yang lalu kita telah didik untuk menjadi Manusia yang bertakwa dalam Madrasah Ramadhan. Di bulan yang suci itu kita didik, digodok untuk menjadi orang yang cerdas dalam Finansial yaitu dengan tetap berkativitas mencari harta tanpa terhalang puasa, cerdas dalam emosional dengan menjaga berbagi macam nafsu kita, cerdas social dengan mampu memberikan infaq shadaqoh, zakat dan cerdas Spiritual yaitu dengan Ibadah-ibadah mahdoh. Semoga selama satu bulan tersebut kita mendapat gelar Muttaqin, dan mendapatkan kecerdasan yang Allah telah tawarkan dalam Al-Quran Surat Ali Imron ayat 134 sampai 135 yaitu:

1. Kecerdasan Finansial
2. Kecerdasan Emosional
3. Kecerdasan Sosial.
4. Kecerdasan Spiritual.

Jika semua kecerdasan yang empat itu kita miliki maka insya Allah hidup kita akan tentram, sejahtra, makmur dan tidak aka nada rasa takut dan khawatir untuk urusan dunia dan akhirat karena semua permasalahn akan Allah berikan jalan keluarnya, dan mendapatkan rizki yang tak terduga juga tentunya, karena itulah janji Allah bagi yang bertaqwa.

3 komentar:

  1. subhanalloh jadi diingatkan kembali tentang "untuk apa kita hidup" sesungguhnya makasih dan salam kenal

    BalasHapus
  2. terima kasih sudah mengingatkan.....

    BalasHapus
  3. mari membaca Al-Quran!

    ada situs yang bisa baca al-quran online trus ada audio playernya...

    BalasHapus

Lima (5) Indeks Posting Terakhir